make a website

KURIKULUM

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI S1

Bagaimana rancangan pembelajaran di Fakultas Psikologi UNPAD?

Kuliah di Program Studi Sarjana (S1) Psikologi Unpad menggunakan model kurikulum OBE. Apa itu OBE? Outcome Based Education, dimana proses belajar yang dilakukan akan mengacu pada output yang nyata (Capaian Pembelajaran). Kurikulum OBE ini didukung menggunakan Capstone Course Design. Desain pembelajaran ini biasanya mencakup suatu mata kuliah yang besar seperti Praktikum, Tugas akhir atau Project di akhir masa semester yang dapat mengukur beberapa capaian pembelajaran sekaligus, sehingga selama menjadi mahasiswa di Psikologi UNPAD, capaian pembelajaran dapat terukur dengan jelas.

MATA KULIAH

Apa saja yang akan dipelajari selama menjadi mahasiswa S1 di Fakultas Psikologi UNPAD?

Menjalani kuliah sebagai mahasiswa S1 Psikologi Unpad akan menemukan banyak sekali cabang dan berbagai bidang dalam psikologi, baik yang wajib maupun yang pilihan, baik yang teoritis maupun terapan, semuanya menarik dan membuat pemahaman terkait ilmu psikologi menjadi lebih menyeluruh, seperti berikut ini :

Mobirise

Mata kuliah teori dan konsep dasar di dalam keilmuan psikologi, seperti mata kuliah Biopsikologi, Neuropsikologi, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan, Fungsi-Fungsi Psikologi, dan Psikologi Sosial akan diberikan sebagai landasan ilmu psikologi. Kemampuan riset akan terus didorong melalui mata kuliah yang bersifat konseptual dan praktikum di bidang penelitian psikologi dan pengukuran psikologi, seperti Metodik Tes, Metodologi Penelitian, Konstruksi Tes, Psikologi Eksperimen, dll.

Materi unggulan lainnya di Psikologi UNPAD yaitu asesmen dan intervensi psikologi. Mata kuliah ini akan mendorong kamu menguasai metode observasi, interviu, dan penggunaan berbagai alat tes psikologi. Seluruh bekal ilmu yang dilandaskan pada etika profesi diharapkan dapat berguna saat menyelesaikan masalah di masyarakat baik pada setting individu, kelompok, organisasi ataupun komunitas.  

METODE BELAJAR

Selama melaksanakan kuliah, terdapat berbagai metode belajar yang menarik, interaktif, dan mengasah kreativitas mahasiswa, seperti ceramah dan diskusi yang interaktif, praktikum di laboratorium maupun terjun langsung ke lingkungan sekitar, presentasi, poster session, tugas kelompok atau individu, studi kasus, project, seminar dan tentu saja capstone project. 

Mobirise

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Setelah lulus dari Fakultas Psikologi UNPAD, kemampuan apa saja sih yang didapatkan.

Selama melaksanakan pembelajaran sebagai mahasiswa Psikologi Unpad, setiap mahasiswa akan dibimbing mencapai kemampuan-kemampuan yang dapat diaplikasikan setelah lulus, seperti berikut ini :

  • Bertindak sesuai Prinsip Etika dan Kode Etik Psikologi Indonesia dalam ranah profesional dan personal
  • Menguasi seluruh konsep dan teori psikologi
  • Mampu menerapkan ilmu psikologi melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif yang bersifat ilmiah
  • Mampu memberikan rekomendasi pada penyelesaian masalah psikologi non klinis secara tepat
  • Melakukan asesmen psikologi sesuai dengan tepat
  • Mampu melakukan koordinasi hubungan interpersonal maupun profesional.
  • Mampu merumuskan gagasan secara lisan dan tulisan dengan didukung oleh sumber atau data-data yang sesuai.
  • Mampu merancang dan melakukan penelitian sesuai dengan kaidah ilmiah dengan memanfaatkan teknologi.
  • Mampu merencanakan, mengembangkan karier serta mengembangkan dirinya sendiri.

KARIR

Ketahui lebih lanjut tentang beragam kesempatan berkarir setelah menempuh studi di Fakultas Psikologi UNPAD.

KEUNGGULAN

Apa yang membuat Fakultas Psikologi UNPAD unggul dan pantas menjadi pilihan untuk melanjutkan studi jenjang sarjanamu?

  • Psikologi Unpad menggunakan pendekatan Biopsikososial yakni menyatukan konsep biologi, psikologi dan sosial sehingga mahasiswa memiliki pemahaman yang menyeluruh terhadap fenomena psikologis yang ada di masyarakat
  • Psikologi Unpad menggunakan kurikulum berdasarkan Outcome Based Education yang menekankan pada output nyata dan konkrit sehingga kompetensi dan kemampuan yang disasar lebih terukur.
  • Lulusan Psikologi Unpad memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sebagai bukti bahwa mahasiswa memiliki prestasi dan pengalaman pada bidang akademik maupun non-akademik sesuai minat dan bakat yang dimiliki.
  • Laboratorium Psikologi Unpad memiliki alat-alat untuk melakukan praktikum yang lengkap seperti One Way Mirror, Alat Tes Psikologi, dan Alat EEG untuk menunjang mata kuliah Neuropsikologi, Biopsikologi, serta penelitian. Selain itu, Psikologi Unpad juga memiliki laboratorium komputer.
  • Psikologi Unpad memiliki berbagai pusat studi, baik di bidang keluarga, pengoptimalan pembelajaran, kesehatan dan kesejahteraan, psikometri, asesmen dan evaluasi, pemberdayaan individu dan organisasi, bahkan korupsi.
  • Psikologi Unpad melakukan kerjasama internasional lewat Virtual Mobility maupun langsung dengan Maastrich Universiteit, dosen luar biasa dari Radboud Universiteit, dan Universiti Kebangsaan Malaysia.

BERGABUNG BERSAMA KAMI.