develop free website

KARIR

Tertarik kuliah di Psikologi UNPAD? Jangan ragu dan kenali pilihan karir apa saja yang bisa dipersiapkan di masa depan. Di bawah ini terdapat ragam kesempatan dalam berkarir setelah kamu lulus dari Psikologi UNPAD.

Mobirise

Pengembang alat ukur psikologi

Alat ukur di psikologi seringkali berupa instrumen yang tujuannya mengukur karakteristik psikologis manusia di berbagai bidang. Misalnya, pernahkah mengisi kuesioner dari perusahaan-perusahaan besar seperti Gojek atau Shopee, kuesioner itu dinamakan marketing research tool. Alat ukur psikologi juga sangat berguna di area pendidikan, alat ukur psikologi digunakan untuk membantu mendeteksi permasalahan belajar pada siswa. Bahkan alat ukur psikologi dapat juga diterapkan di ranah yang luas seperti survei dalam politik, pemerintahan, kebencanaan atau layanan sosial.

Mobirise

Periset atau Peneliti Psikologi

Bagi orang yang kritis, punya rasa ingin tahu yang besar, tetapi juga sistematis, bisa jadi, karir ini menjadi pilihan yang tepat. Orang yang bekerja sebagai periset akan melakukan penyelidikan suatu masalah psikologis secara sistematis, kritis dan ilmiah. Hasil dari penelitian psikologi akan berguna untuk meningkatkan pengetahuan, mendapatkan fakta terbaru atau melakukan penafsiran terkait masalah atau kebutuhan psikologis secara lebih baik. Misalnya, periset di bidang periklanan dan peneliti di bidang perilaku konsumen dapat mengetahui minat dan kebutuhan konsumen atas pelayanan dari produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, permasalahan sosial masyarakat juga membutuhkan orang di bidang ini sehingga bisa lebih tau arti-arti dari perilaku individu atau kelompok sosial.

Mobirise

Konselor

Karir ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi mereka yang punya jiwa “melayani” yang tinggi. Seorang konselor biasanya membantu individu atau kelompok agar mereka dapat mengenali dan menyelesaikan permasalahn psikologisnya. Tetapi, tidak boleh asal tentunya. Seorang konselor harus mengetahui teknik konseling yang sesuai dengan kaidah dan kode etik psikologi. Jadi, konselor bisa membantu mereka yang memiliki masalah psikologis secara tepat dan sesuai kebutuhan.

Mobirise

Konsultan Psikologi

Jangan mengira kalau konselor sama dengan konsultan. Tentu saja berbeda. Karir sebagai seorang konsultan lebih cenderung menangani masalah psikologis yang non-klinis, seperti dalam ranah industri, hukum, kesehatan, pengembangan komunitas, atau berbagai konteks lainnya. Tugas seorang konsultan ialah memberikan petunjuk, pertimbangan, saran, bahkan melakukan penanganan sebagai solusi dari suatu permasalahan psikologis yang ada.

Mobirise

Tenaga kerja di bidang pengembangan manusia

Karir ini sangat sesuai bagi mereka yang punya semangat besar berkembang dan mengembangkan sekitar. Tugas yang dilakukan tidak jauh-jauh dari mengembangkan, mengatur, dan mendorong potensi terbaik indivdiu di dalam suatu lingkungan tertentu menjadi lebih melesat, tetapi juga menyesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan yang ada dalam lingkungannya. Misalnya, pekerjaan seperti pengajar, coach, dosen, fasilitator, trainer, manajer dan penyuluh.

Mobirise

Digital Psychology Enterpreneurship

Sekarang lagi zamannya bisnis dan start-up, kedua bidang tersebut tentu saja tidak akan jauh dari psikologi. Kenapa? Tentu saja, karena orang yang berbinis atau berwirausaha membutuhkan pengetahuan psikologi dalam dunia digital sehingga dapat menjadi solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat, apalagi di masa sekarang dan masa depan. Misalnya, menjadi seorang pebisnis, penulis, konten kreator, youtuber, bahkan influencer.

Betulkan, pilihan karir di Psikologi ternyata sangat mengikuti tren dan zaman, dan tentunya bisa menjawab kebutuhan dan tantangan di masa kini dan masa depan.

Jadi, tunggu apalagi, masih ragu untuk masuk kuliah di Psikologi UNPAD dan berkarir di dunia Psikologi?

Persiapkan masa depanmu.