develop your own website

INFORMASI PENDAFTARAN

PROGRAM STUDI SARJANA PSIKOLOGI S1

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PADJADJARAN

JALUR SMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), merupakan Seleksi yang dilakukan berdasarkan prestasi tinggi yang ditunjukan secara konsisten oleh calon mahasiswa selama di SMA/SMK/MA. Data yang digunakan adalah Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisi rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.

15 Nov 2019 

Peluncuran Sistem PMB 2020

02 Des 2019 - 07 Jan 2020 

Registrasi Akun LTMPT

13 Jan - 06 Feb 2020 

PDSS

Pengisian PDSS

Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah

Pengumuman Siswa yang eligible untuk mendaftar SNMPTN

11 - 25 Feb 2020 

Pendaftaran SNMPTN

04 April 2020 

Pengumuman Hasil SNMPTN

TBA

Pendaftaran Ulang Peserta yang Lulus SNMPTN

JALUR SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

02 - 13 Juni 2020 

Pendaftaran SBMPTN

30 Juni 2020 

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN

BIAYA PENDIDIKAN DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNPAD

Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Biaya Pendidikan bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN pada Prodi Sarjana Psikologi UNPAD akan mengikuti ketentuan sistem pembayaran Perguruan Tinggi Negeri atau PTN yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

1. BKT (Biaya Kuliah Tunggal)
BKT adalah keseluruhan biaya operasional setiap mahasiswa per semester pada suatu program studi.

2. UKT (Uang Kuliah Tunggal)
UKT adalah biaya kuliah yang ditanggung setiap mahasiswa setiap satu semester. Pada sistem UKT, semua biaya kuliah berupa uang gedung, SPP, dana praktikum, dan biaya penunjang perkuliahan lainnya telah dilebur menjadi satu dan dibagi rata dalam delapan semester. Jika mahasiswa telah membayarkan UKT di satu semester, mereka tidak perlu dikenakan biaya tambahan lainnya. Sehingga, mereka hanya membayar biaya perkuliahan di setiap awal semester, yaitu UKT. Sistem pembayaran pada UKT disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan ekonomi masing-masing mahasiswa.

~ BKT        : Rp.    10.786.319
~ UKT1      : Rp.       500.000
~ UKT2     : Rp.     1.000.000
~ UKT3     : Rp.    2.500.000
~ UKT4     : Rp.    5.000.000
~ UKT5     : Rp.    7.500.000

JALUR MANDIRI

Unpad memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik calon mahasiswa baru Program Sarjana (S1) untuk mengikuti Seleksi Jalur Mandiri Universitas Padjadjaran tahun 2020. Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan,fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Seleksi Mandiri tetap menitikberatkan pada kemampuan akademik, bukan sekedar kemampuan secara ekonomi. Mahasiswa yang diterima melalui Jalur Mandiri membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi (UKT 5) dan dikenakan biaya Dana Pengembangan (DP) dengan besaran yang berbeda-beda.

Bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri maka system pembayaran disesuiakan dengan keputusan rektor UNPAD terbaru pada tahun 2020 mengenai Penetapan Dana Pengembangan Program Sarjana (S1) Jalur Mandiri, yang terdiri dari :


Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Dana Pengembangan (DP)


• UKT menggunakan nilai tertinggi (UKT 5)
    UKT 5 : Rp. 7.500.000
• DP (Dana Pengembangan)
    DP adalah dana yang dibayarkan mahasiswa di tahun pertama saja sebagai dana     pengembangan Pendidikan.
    DP S1 Psikologi : Rp. 75.000.000

Hubungi Kami:

Alamat:

Jl. Raya Bandung Sumedang No.KM 21, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363

Telepon:

+62 22 7794126

E-mail:

humas.psikologi@unpad.ac.id